“Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,” (QS. Al-Fatihah: 3) telah kita bahas.
“Yang Memiliki hari pembalasan.” (QS. Al-Fatihah: 4)
Ada dua versi qiraah, Mālik dan Malik,
karena Allah Subẖānahu wa Ta’ālā memang demikian,
Dia Malik (Raja) hari pembalasan
dan juga Mālik (Pemilik) hari pembalasan.
Sebagian makhluk adalah pemilik,
tapi bukan raja,
atau terkadang dia adalah raja tapi bukan pemilik.
Adapun Allah Jalla wa ʿAlā, Dia mengumpulkan dua hal tersebut,
Dia Subẖānahu wa Ta’ālā adalah Pemilik dan Raja.
Adapun Anda adalah pemilik, memiliki rumah Anda,
memiliki pena Anda,
dan memiliki buku Anda, tapi Anda bukan raja.
Mungkin juga seseorang adalah raja,
tapi bukan pemilik.
Adapun Allah Tabāraka wa Ta’ālā adalah Raja dan Yang Memiliki.
Ketika Allah mengatakan bahwa Dia adalah Pemilik hari pembalasan,
maka apalagi yang lainnya (selain hari pembalasan).
Jika hari di mana seluruh makhluk berkumpul ini,
Dia Yang Memilikinya,
maka yang lainnya tentu juga milik-Nya,
Yang Mahasuci lagi Mahatinggi.
Hari pembalasan adalah hari perhitungan.
Ad-Dīn artinya hisab,
sebagaimana firman Allah Tabāraka wa Ta’ālā tentang orang-orang musyrik
bahwa mereka berkata, “Apakah kami akan dibalas?!” (As-Saffat: 53)
Maksudnya, “Apakah kami akan dihisab?!”
Hari pembalasan juga disebut hari Kiamat
atau Yaum as-Sāʿah.
Terserah Anda, namailah ia dengan nama-nama
yang tersebut dalam Al-Quran dan Hadis.
Nanti akan disebutkan banyak nama lain
untuk hari Kiamat selama kita membaca Juz ʿAmma.
====
الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ مَرَّتْ بِنَا
مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ
هِيَ قَرَاءَتَانِ مَالِكٌ وَمَلِكٌ
وَهُوَ كَذَلِكَ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى
هُوَ مَلِكُ يَوْمِ الدِّينِ
وَهُوَ مَالِكُ يَوْمِ الدِّينِ
وَبَعْضُ الْخَلْقِ يَكُونُ مَالِكًا
وَلَيْسَ بِمَلِكٍ
وَقَدْ يَكُونُ مَلِكًا وَلَيْسَ بِمَالِكٍ
وَاللهُ جَلَّ وَعَلَا جَمَعَ بَيْنَ الْأَمْرَيْنِ
فَهُوَ مَالِكٌ وَمَلِكٌ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى
فَأَنْتَ مَالِكٌ تَمْلِكُ بَيْتَكَ
تَمْلِكُ قَلَمَكَ
تَمْلِكُ كِتَابَكَ وَلَسْتَ بِمَالِكٍ
وَقَدْ يَكُونُ الْإِنْسَانُ مَلِكًا
وَلَيْسَ بِمَالِكٍ
وَاللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى مَلِكٌ وَمَالِكٌ
وَعِنْدَمَا ذَكَرَ أَنَّهُ مَالِكِ يَوْمِ… أَنَّهُ مَالِكُ يَوْمِ الدِّينِ
فَغَيْرُهُ مِنْ بَابِ أَوْلَى
هَذَا الْيَوْمُ الَّذِي تَجْتَمِعُ فِيهِ الْخَلَائِقُ كُلُّهَا
هُوَ مَالِكُهُ
وَغَيْرُهُ مِنْ بَابِ أَوْلَى
سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى
وَيَوْمُ الدِّينِ يَوْمُ الْحِسَابِ
الدِّينُ الْحِسَابُ
كَمَا قَالَ اللهُ تَبَارَكَ عَنِ الْمُشْرِكِينَ
أَنَّهُمْ قَالُوا: ءَاِنَّا لَمَدِيْنُوْنَ
أَيْ أَإِنَّا لَمُحَاسَبُونَ؟
هُوَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ
وَهُوَ السَّاعَةُ
وَسَمِّهِ مَا شِئْتَ مِنَ الْأَسْمَاءِ
الَّتِي وَرَدَتْ فِي الْكِتَابِ وَالسُّنَّةِ
وَسَتَأْتِي أَسْمَاءٌ كَثِيرَةٌ
لِيَوْمِ الْقِيَامَةِ فِي قِرَاءَتِنَا لِجُزْءِ عَمَّ